Kamis, 08 September 2016

Contoh Surat Pengesahan

Pengertian Surat Pengesahan


Contoh surat yang akan kami share pada kesempatan ini adalah contoh surat pengesahan. Surat adalah alat komunikasi yang mempergunakan bahasa tulisan di atas lembaran kertas yang sangat erat hubungannya dengan kehidupan manusia. Sejak zaman dahulu hingga di zaman serba modern ini, manusia tidak dapat melepaskan dirinya dari kepentingan manusia lainnya baik yang berada di sekitarnya maupun di tempat yang berjauhan.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang surat pengesahan. Apa sih surat pengesahan itu? Seperti apa sih contohnya? Ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu surat pengesahan dan apa kegunaannya. Oleh karena itu kita akan mempelajarinya di artikel Contoh Surat kali ini.

Lembar pengesahan adalah bagian dari makalah yang ditujukan untuk meminta persetujuan dari pihak-pihak tertentu seperti pembimbing, koordinator, kepala sekolah dll. Jadi kalau sudah ditanda tangani berati permohonan kita disetujui. Mengapa kita harus minta persetujuan untuk di sahkan? Jika tidak ada pengesahan dari pihak terkait, maka bisa berakibat maraknya pemalsuan surat, proposal, pengajuan, dll.

Perlu di garis bawahi bahwa surat pengesahan dapat di sahkan jika sudah memenuhi aspek-aspek atau kriteria yang sudah ditetapkan oleh suatu instansi. Misalnya saat pembuatan skripsi, jika skripsi yang kita buat sudah memenuhi syarat-syarat dan kriteria dari seorang dosen, maka dosen tersebut akan mengesahkan dengan menandatangi lembar pengesahan.

Dalam penyusunan makalah atau karya tulis format dasar telah menjadi landasan.Format makalah terdiri dari sampul atau cover makalah, lembar pengesahan, kata pengantar dan seterusnya. Namun kali ini saya akan memberikan contoh lembar pengesahan.

Lembar pengesahan sangat penting dan wajib dalam penyusunan makalah. Lembar pengesahan dibuat dengan tujuan bahwa makalah yang sudah dibuat sebagai bukti bahwa makalah telah disetujui atau disahkan.Lembar pengesahan diletakkan pada bagian depan makalah. Lebih tepatnya sebelum halaman kata pengantar.

Bila mencari contoh halaman pengesahan laporan yang baik dan benar maka harus memperhatikan contoh lembar pengesahan yang kami berikan dibawah ini yang mungkin akan memberikan pencerahan bagi Anda. Memang tidak mudah menyusun halaman pengesahan untuk laporan yang sesuai dengan kaedah penulisan yang bagus sesuai standar. Namun memang harus berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk tugas yang sedang kita lakukan.


Contoh Surat Pengesahan


Contoh Surat Pengesahan - Untuk dapat lebih memahami seperti apa surat pengesahan yang sudah di jelaskan diatas tadi, kami akan berikan beberapa contoh terkait surat pengesahan yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Perhatikan juga aspek-aspek yang sudah saya sebutkan diatas sebelumnya. Simak dan pelajari baik-baik tata penulisannya.

Contoh Surat Pengesahan I


LAPORAN KERJA PRAKTEK
PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK MESIN
UNIVERSITAS HASANUDDIN

PERNYATAAN PERSETUJUAN


Laporan kerja praktek ini disetujui oleh pembimbing akademik

dan pembimbing lapangan program kerja praktek mahasiswa

Program Studi Teknik Industri

Fakultas Teknik

Universitas Hasanuddin



Makassar, ... Januari 2011

Pembimbing Akademik



NILDA, ST.,MIT

NIP. 19771211 200112 2 001



Pembimbing Lapangan

Departemen Sumber Daya Manusia

PT. Semen Tonasa



Zam Zam, SE.

NIK. 75 95 291

Surat diatas merupakan surat yang di tujukan untuk pengesahan laporan telah menyelesaikan kerja praktek di salah satu Universitas. Berikut kami berikan contoh lain dari surat pengesahan dengan tema berbeda.


Contoh Surat Pengesahan II


HALAMAN PENGESAHAN

LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI BENGKEL ELEKTRONIKA MAJU JAYA
TANGGAL 12 MEI S/D 27 AGUSTUS 2014




Pemimpin DU/DI                                                                                   Penulis



................................                                                                        Bambang Poernomo
                                                                                                       NIS. 118 0967 4387543



Ketua Program Keahlian                                                                      Pembimbing



MUJI DARMAWAN, SPt.T                                                        PUGUH RAHARJO, S.Pd.
NIP. 769 4297 76560855                                                        NIP. 769 4297 67456359

Surat diatas sebenarnya masih sama dengan contoh surat sebelumnya, yaitu tentang laporan praktek kerja, namun beda tempat praktek. Berikut kami berikan contoh lain dari surat pengesahan dengan tema berbeda.

Contoh Surat Pengesahan III


LEMBAR PENGESAHAN

Judul Kegiatan : ……………………………………………………….……………………………………………………….
Nama Ketua dan Anggota Tim/NIM : ……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….……………………………………………………….
Contac Person : Nama................... No HP. .......................................
Lokas Kegiatan : ……………………………………………………….……………………………………………………….
Lama dan Waktu Kegiatan : ……………………………………………………….
Besaran Dana yang Diusulkan : Rp. ……………………...……………………………
Besaran Dana yang Disetujui : Rp. ……………………...……………………………
Bogor,



Lembaga Penelitian dan
Pengabdian kepada Masyarakat
Kepala,


Ttd, stempel

Prof. Dr. Ir. Bambang Pramudya, M.Eng.
NIP. 195 00301 197603 1 001

Surat diatas merupakan kerangka contoh surat pengesahan dari lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat. Berikut kami berikan contoh lain dari surat pengesahan dengan tema berbeda.

Contoh Surat Pengesahan IV


Tarikh :1/2/2007


Pengurus Cawangan
Bank Rakyat Cawangan


Tuan,


SURAT PENGESAHAN JAWATAN DAN KAKITANGAN

Dengan ini disahkan bahwa penama di atas adalah kakitangan kami di Jabatan Kerja Raya (JKR) _______________

1. Nama : Mohd Aziz Bin Hasan
2. No Kad Pengenalan : 7777732-105571
3. No Pekerja/No. Gaji : P/M/JKR 00346
4. Tarikhmula berkhirmat : 12/01/2003
5. Tarikh sah jawatan : 12/04/2003
6. Jawatan sekarang : Penolong Pegawai Pentadbiran
7. Unit/Bahagian/Seksyen : Bahagian Pengangkutan
8. Taraf/status jawatan : Tetap
9. Gaji Pokok : RM2000
10. Elaun Tetap : RM300

Sekian, Terima Kasih

Yang Benar.


Zakariah Abd Halimi
Pengurus Sumber Manusia atau Perjawatan/
Pengurus Cawangan/Pengurus Jabatan

Nama       : Zakariah Abd Halimi
Jawatan  : Pengarah Eksekutif
No. Telp  : 03-78779834

Surat diatas merupakan salah satu surat pengesahan yang menggunakan bahasa melayu. Berikut kami berikan contoh lain dari surat pengesahan dengan tema berbeda.

Contoh Surat Pengesahan V


LEMBAR PENGESAHAN

PENGGUNAAN MODEL "COOPERATIVE LEARNING" TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENJUMLAHKAN PECAHAN BERPENYEBUT BEDA
DI SEKOLAH DASAR

(Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran Matematika di kelas V SD Negeri Kedung Kecamatan Padakembang Kabupaten Tasikmalaya)

Oleh:
Lusi Solihah
0783937

Disetujui dan Disahkan Oleh:
Pembimbing I,


Drs. Didi Sutardi D, MA.
NIP. 397468732894270240

Pembimbing II,


Drs. Oyon Haki Pranata, M.Pd.
NIP. 397901383742824802

Mengetahui:
Ketua Program S1 PGSD
UPI Kampus Tasikmalaya


Drs. Rustono WS, M.Pd.
NIP. 397382048720923844

Surat pengesahan diatas ditujukan untuk pengajuan program kerja berupa penelitian salah satu lembaga pemerintahan. Sebenarnya masih banyak format penulisan laporan yang berbeda dan mungkin berguna, namun keperluan akan laporan memberikan kita pemahaman dalam menyusun setiap bagian dari laporan tersebut.

Dari ulasan tentang surat pengesahan di atas, apakah sudah cukup membuat anda paham apa itu surat pengesahan? Kelihatanya sangat mudah kan cara pembuatanya? Anda bisa mencoba membuat sendiri dirumah seperti contoh - contoh diatas. Apa yang ada di sini tentu hanya sebagian kecil dari ribuan contoh surat pengesahan yang dapat Anda eksplorasi lagi. Kami hanya memberi beberapa contoh saja yang mudah - mudahan dapat Anda pahami.

Demikian info seputar Contoh Surat Pengesahan yang dapat kami sampaikan. Apabila pekerjaan anda salah satunya adalah surat menyurat, sebagai bahan tugas sekolah maupun yang sedang cari - cari ide buat menulis surat untuk teman, saudara, atau orangtuanya, artikel ini dapat digunakan sebagai contoh referensi anda. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Selamat mencoba dan semoga sukses.


EmoticonEmoticon