Rabu, 03 Januari 2018

Contoh Surat Pernyataan Diri

Dari sekian banyak jenis surat pernyataan, satu diantaranya adalah surat pernyataan diri. Lalu bagaimana format surat pernyataan diri itu dan apa saja sisi perbedaannya dengan surat pernyataan yang lainnya? Bagi Anda yang membutuhkan contoh surat pernyataan diri, dibawah ini sudah saya rangkumkan kumpulan contoh surat pernyataan diri yang benar yang dapat Anda jadikan pembelajaran.

Cara Membuat Surat Pernyataan Diri


Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyiapkan surat pernyataan diri yang baik dan benar:

  • Dalam penulisan surat pernyataan, seseorang harus menyatakan dengan sejujur-jujurnya tentang keadaannya. Tidak boleh ada unsur kebohongan atau penipuan karena ini merupakan rahasia dari pihak lain.
  • Pernyataan harus dibuat sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Tidak boleh dikurang-kurangi apalagi ditambah-tambahi.
  • Sebuah pernyataan haruslah didasari dengan rasa ikhlas dan tanpa adanya unsur paksaan atau intimidasi dari pihak mana pun.
  • Sesiapa yang membuat sebuah pernyataan harus siap dan saling terkait dengan pernyataan yang dia keluarkan.
Adapun beberapa hal yang benar-benar harus diperhatikan dalam menulis surat pernyataan diri diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Judul Surat
Judul ditulis dengan huruf kapital dan berada pada posisi pusat. Hal ini dimaksudkan untuk menerangkan surat itu adalah sebuah Surat Pernyataan.

2. Isi Surat
Kandungan atau isi dari Surat Pernyataan memuat tentang identitas pembuat atau yang ada dalam surat tersebut, dan poin-poin yang menjadi inti dari pernyataannya.

3. Bagian Penutup
Untuk bagian penutup berisi tentang penegasan anggapan itu dibuat dengan sebenar-benarnya dan tanpa ada unsur paksaan. Sertakan juga materai dan stempel bila memang diperlukan untuk lebih meyakinkan.

Contoh Surat Pernyataan Diri


Dan berikut ini adalah beberapa contoh surat pernyataan diri yang dapat Anda bandingkan dengan apa yang ada dalam imajinasi Anda.

SURAT PERNYATAAN
_____________________


Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Hamdan Sholihin
Tempat, Tanggal Lahir : Yogyakarta, 17 Agustus 1980
Jenias Kelamin : Laki-Laki
Alamat : Jalan Ringroad Urata, Jombor, Sleman, Yogyakarta
Pekerjaan : Pedagang tahu bulat

Menyatakan bahwa akun Twitter dengan akun e-mail _______________ adalah bukan akun yang saya buat dan saya pergunakan. Dengan demikian, apabila akun tersebut dipergunakan untuk melakukan suatu tindakan atau hal-hal yang bersifat negatif dan merugikan pihak lain dengan mengatasnamakan nama saya, maka itu diluar tanggung jawab saya.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Yogyakarta, 22 November 2015

Yang membuat pernyataan,

Materai & ttd

Hamdan Sholihin

Contoh Surat Pernyataan Mengenai Status Warga


SURAT PERNYATAAN
Nomor : 23/Rgo/2015


Saya yang bertanda tangan di bawah ini selaku Kepala Desa Ronggo, menyatakan bahwa :

Nama : A. Hidayat
Tempat, Tanggal Lahir : Pati, 23 Mei 1994
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Agama : Islam
Alamat : Jalan Bukit Indah 514, Ronggo, Jaken, Pati
No. KTP : 33180622305940003

Orang yang memang benar-benar sudah tercatat sebagai warga asli Desa Ronggo, Kec. Jaken, Kab. Pati. Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan bisa digunakan untuk penyediaan mestinya. Atas perhatian dan kerja samanya saya ucapkan terima kasih.

Pati, 22 November 2015

Kepala Desa Ronggo,

Materai & tanda tangan

Paiman Laksana, S.Pd.

Contoh Surat Pernyataan Diri Yang Benar


Yang bertandatangan di bawah ini:

Nama :
Tempat dan tanggal lahir :
Agama :
Alamat :

Dengan ini menyatakan :

1. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyaikekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan
2. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Anggota Kepolisian Negara, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
3. Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri Sipil dan Calon/Anggota Tentara Nasional Indonesia atau Calon/Anggota Kepolisian Negara;
4. Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik;
5. Bersedia ditempatkan di wilayah tempat mendaftar;
6. Sanggup mengganti biaya pelaksanaan penerimaan sebesar Rp. 15.000.000,- (lima belas juta
rupiah), apabila :
Dinyatakan lulus ujian tahap akhir dan telah mendaftar ulang tetapi mengundurkan diri dengan alasan apapun, atau
Mengundurkan diri setelah bekerja di BPS, dengan masa kerja kurang dari 3 (tiga) tahun.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut di depan pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh pemerintah, apabila dikemudian hari terbukti pernyataaan ini tidak benar.


Yang membuat pernyataan,

Materai 6rb

Nama Lengkap

Surat Pernyataan Diri Karyawan


Saya yang bertandatangan dibawah ini :

Nama :
Tempat tanggal lahir :
Jenis kelamin :
Pendidikan :
Alamat :

dengan ini menyatakan bahwa :

  • Sampai pada saat ini saya tidak terikat kontrak/ikatan kerja baik dengan Pemerintah maupun Instansi Swasta.
  • Bersedia bertugas dalam kurun waktu yang telah ditentukan.
  • Bersedia tidak mengambil cuti selama masa penugasan.
  • Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya dan apabila dikemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar, maka saya bersedia dituntut dimuka hakim sesuai dengan ketentuan dan hukum yang berlaku.

Purwokerto, 3 Mei 2015
Yang membuat pernyataan,

Materai & ttd Anda

Nama Lengkap Anda


Baca juga: Contoh Surat Penawaran Barang

Nah itulah kumpulan contoh surat pernyataan diri yang dapat kalian pelajari jika memang saat ini Anda sedang berkepntingan untuk membuat surat pernyataan diri untuk keperluan tertentu.


EmoticonEmoticon