Kamis, 01 Desember 2016

Contoh Pemutusan Hubungan Kerja

Pengertian Pemutusan Hubungan Kerja


Contoh Surat - Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) adalah pengakhiran hubungan kerja karena suatu hal tertentu yang mengakibatkan berakhirnya hak dan kewajiban antara pekerja dan pengusaha. Apabila kita mendengar istilah PHK, yang biasa terlintas adalah pemecatan sepihak oleh pihak pengusaha karena kesalahan pekerja. Karenanya, selama ini singkatan ini memiliki konotasi negatif. Padahal, kalau kita tilik definisi di atas yang diambil dari UU No. 13/2003 tentang Ketenagakerjaan, dijelaskan PHK dapat terjadi karena bermacam sebab. Intinya tidak persis sama dengan pengertian dipecat.

Tergantung alasannya, PHK mungkin membutuhkan penetapan Lembaga Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (LPPHI) mungkin juga tidak. Meski begitu, dalam praktek tidak semua PHK yang butuh penetapan dilaporkan kepada instansi ketenagakerjaan, baik karena tidak perlu ada penetapan, PHK tidak berujung sengketa hukum, atau karena pekerja tidak mengetahui hak mereka.

Sebelum Pengadilan Hubungan Industrial berdiri pada 2006, perselisihan hubungan Industrial masih ditangani pemerintah lewat Panitia Penyelesaian Perselisihan Perburuhan Pusat (P4P) dan Panitia Penyelesaian Perselisihan Perburuhan Daerah (P4D) serta Pengadilan Tata Usaha Negara.

Sebab-sebab Orang di PHK


Terdapat bermacam-masam alasan Pemutusan Hubungan Kerja, dari mulai pekerja mengundurkan diri, tidak lulus masa percobaan hingga perusahaan pailit. Selain itu:

  • Pekerja melakukan kesalahan berat
  • Pekerja melanggar perjanjian kerja, perjanjian kerja bersama, atau peraturan perusahaan
  • Pekerja mengajukan PHK karena pelanggaran pengusaha
  • Pekerja menerima PHK meski bukan karena kesalahannya
  • Pernikahan antar pekerja (jika diatur oleh perusahaan)
  • PHK Massal - karena perusahaan rugi, force majeure, atau melakukan efisiensi.
  • Peleburan, penggabungan, perubahan status
  • Perusahaan pailit
  • Pekerja meninggal dunia
  • Pekerja mangkir 5 hari atau lebih dan telah dipanggil 2 kali secara patut
  • Pekerja sakit berkepanjangan
  • Pekerja memasuki usia pensiun


Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja


Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja - Membuat surat PHK sebetulnya cukup mudah, kita hanya perlu memahami saja apa kaidah penulisan yang harus kita tuangkan, dan setelah itu kita hanya membuat kata - kata yang baik dan sopan agar surat yang dibuat sempurna. Untuk lebih memahami seperti apa surat PHK itu, berikut kami berikan beberapa contoh yang bisa membuat Anda lebih bisa memahami tentang surat PHK. Simak dan pelajari baik-baik tata penulisannya.


Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja


KOP SURAT

Nomor :
Perihal : Surat Pemutusan Hubungan Kerja


Kepada Yth,
Sdr. Edi Supono
Di Tempat


Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya efisiensi perusahaan yang mengakibatkan adanya restrukturisasi karyawan, dengan ini PT. melakukan pengurangan sebagian karyawannya untuk menyesuaikan dengan kondisi tersebut. PT. Memecat Karyawan dengan berat hati menyatakan bahwa perusahaan tidak dapat lagi mempekerjakan Sdr. Edi Supono sebagai ................

Dengan demikian maka terhitung mulai hari ini, tanggal 1 bulan Juli tahun 2002, hubungan kerja dengan Sdr. Edi Supono dinyatakan berakhir. Pihak Perusahaan mengucapkan banyak terima kasih atas loyalitas Saudara selama ini dan jika dikemudian hari perkembangan business Perusahaan semakin membaik, maka kesempatan untuk saudara agar bisa bergabung lagi akan selalu terbuka.



Selasa, 1 Juli 2002
PT. ........... ................

Ttd
Manager

Surat diatas merupakan salah satu contoh surat PHK untuk perusahaan yang sedang mengurangi kuota karyawan. Berikut akan kami berikan contoh lain dari surat pemutusan hubungan kerja.

Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja II


KOP SURAT PERUSAHAAN

SURAT PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA (PHK)
No. 01/PT.LK/PHK/III/2013



Dengan ini,
Diberitahukan bahwa :

Nama : Ali Muhsin
Jabatan : Staff Operasional

Bersama ini diberitahukan kepada Sdr. Ali Muhsin bahwsannya PT. LINA KARANG, Tbk. memutuskan hugungan kerja dengan Anda.

Keputusan ini dibuat setelah menimbang beberapa hal penting, meliputi kondisi keuangan perusahaan yang tidak stabil, quota karyawan yang tidak seimbang dengan kuantitas produksi, dan kinerja Anda dinilai kurang memberikan kontribusi penting terhadap perkembangan perusahaan.

Demikian surat ini dibuat, atas perhatian dan pengertian Sdr, disampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya.



Surabaya, 03 Maret 2013
Hormat kami,
PT. LINA KARANG, Tbk.

Dibuat oleh,


Djohar Ahs                                                                                             Randu Ayais
Officer Staff                                                                                           Manager

Surat diatas merupakan salah satu contoh surat PHK yang menerangkan bahwa pemecatan disebabkan karena dinilai kuang berkontribusi pada perkembangan perusahaan. Berikut kami berikan contoh lain dari surat pemutusan kerja.



Baca Juga :

- Contoh Surat Keputusan
- Contoh Surat Pengesahan
- Contoh Surat Kuasa



Contoh Surat Pemutusan Hubungan Kerja III


KOP SURAT YAYASAN

SURAT PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA
Nomor: 0171/DHWJ/SK/VIII/2015

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وأصحابه ومن والاه ، أما بعد

Dengan ini, diberitahukan kepada Sdr. :
Nama : Entis Sutisna
Jabatan : Security
Bahwasannya Yayasan Darul Hijrah Wal Jihad telah memutuskan hubungan kerja dengan Anda.

Keputusan ini dibuat setelah menimbang kinerja Anda selama ini dinilai kurang memberikan kontribusi penting terhadap perkembangan yayasan.

Demikian surat ini dibuat, atas perhatian dan pengertian Sdr, kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya.


والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته


Ditetapkan di : Bogor
Tanggal : 14 Syawal 1436 H
1 September 2015 M
Yayasan Darul Hijrah Wal Jihad Bogor


Nuruddin Zanki, Lc.
Ketua

Surat diatas menerangkan bahwa salah satu karyawannya dinilai tidak bekerja dengan baik, oleh karena itu pihak dari yayasan memecatnya. Berikut kami berikan contoh lain dari surat pemutusan hubungan kerja.

Demikian info seputar Contoh Surat Pemutusan Kerja yang dapat kami sampaikan. Apabila pekerjaan anda salah satunya adalah surat menyurat ataupun yang sebagai bahan tugas sekolah, artikel ini dapat digunakan sebagai contoh referensi anda. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Selamat mencoba dan semoga sukses.


EmoticonEmoticon