Selasa, 29 Oktober 2019

4 Contoh Surat Pribadi yang Baik dan Benar

Pengertian Surat Pribadi


Contoh Surat - Surat pribadi adalah jenis surat yang berisi keperluan pribadi yang biasanya ditulis secara pribadi dan ditujukan kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang tidak baku.

Secara garis besar, sebenarnya surat pribadi tidak memiliki peraturan yang mengikat. Surat pribadi bisa ditulis menurut selera masing-masing penulis. Walaupun begitu, etika dan penggunaan bahasa yang sopan tentu saja harus tetap diperhatikan sesuai latar belakang dan kepada siapa surat itu akan dilayangkan.

Ciri-ciri Surat Pribadi


Surat pribadi setidaknya memiliki 5 ciri berikut:

  1. Tidak memiliki kop surat
  2. Tidak memiliki nomor surat
  3. Salam pembuka ataupun penutup sangat bervariasi dan lebih bersifat santai, non formal
  4. Penggunaan bahasa bebas (tidak baku) sesuai keinginan penulis
  5. Format bebas

Bagian-bagian Surat Pribadi


  1. Alamat dan tempat tanggal PembuatanSurat
  2. Salam Pembuka
  3. Paragraf Pembuka
  4. Paragraf Isi
  5. Paragraf Penutup

Contoh Surat Pribadi


Contoh Surat Pribadi - Untuk lebih memahami seperti apa surat pribadi itu, berikut kami berikan beberapa contoh yang bisa membuat Anda lebih bisa memahami tentang surat pribadi. Simak dan pelajari baik-baik tata penulisannya.

1. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat


Bandung, 22 Maret 2015

Sahabatku,
Egi Pratama
Di Mana Aja


Assalamualaikum,

Hai Egi, apa kabar? Bagaimana kabarmu Gi ? Sehat dan bahagia bukan? Sudah lama rasanya ya kita tidak bertemu.Sejak tiga tahun yang lalu tepatnya saat aku dan keluarga memutuskan pindah ke Bandung aku tidak pernah lagi mendengar kabar tentangmu. Aku berharap kamu selalu dalam perlindungan Allah di manapun berada.

Akhir bulan ini keluargaku berencana pulang ke Lampung untuk menjenguk nenek. Aku berharap pada hari itu aku bisa ikut rombongan menjenguk kampung halaman sekalian bersilaturahmi dengan kalian para sahabat kecilku yang sangat ku rindu.

Tapi apa dikata jika Allah menakdirkan hal lain. Hari itu ternyata aku ada ujian semester di kampus. Sehingga dengan berat hati nampaknya perjumpaan kita harus diundur lain kali.

Gi, udah dulu, ya!Sampaikan salam sekaligus permintaan maafku buat teman-teman yang lain. Semoga lain kali kita bisa bertemu.



Sahabatmu,


Yusuf Setiawan

Surat diatas merupakan contoh surat yang ditujukan untuk seorang teman, memberi kabar kalau kepulangannya di tunda karena ada ujian. Berikutnya kami berikan contoh balasan surat pribadi.

2. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat


Bogor, 7 April 2015


Untuk sahabatku tersayang
Di Bandar Lampung


Assalamualaikum . .

Hay Shinta, Alhamduliliah aku baik-baik saja di sini. Dan aku bersyukur kabarmu juga dalam keadaan baik di sana. Kau benar sudah lama kita tidak bertemu lagi. Pasti dong aku bertambah tinggi, hhe. Aku sudah tidak sabar untuk bertemu denganmu. Aku sangat yakin kalau kamu semakin cantik sekarang. Mengenai kehidupanku di sini, aku sangat betah tinggal di sini. Namun tau tidak? pada awalnya aku sulit beradapatasi dengan dinginnya cuaca Bogor, tak heran mereka menyebutnya sebagai kota hujan karena hampir setiap hari hujan turun di Bogor.

Aku juga merindukanmu. Aku kangen suasana di kampung dan semua teman-teman di sana. Bahkan semalam aku bermimipi kita sedang main bersama kembali hhee. Oh iya, aku punya kabar bagus buatmu. kalau aku sudah diterima oleh Universitas Indonesia sebagai mahasisswa di jurusan pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia melalui jalur prestasi. Aku berkompetisi dengan hampir 500 pendaftar dan aku bersyukur bisa menjadi peserta yang diterima. Oleh karena itu, kamu harus termotivasi juga untuk masuk di Universitas yang kau bilang terbaik ini.

Belajar yang giat dan jangan lupa berdoa kepada tuhan agar kau diberikan kemudahan. Aku juga akan mendoakanmu disini. Aku tunggu kamu di Universitas Indonesia ya? Semangat.

Saya kira cukup sampai di sini suratku untuk mu. Mamah, papah dan Adek Ara menitip salam kepadamu. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

Wassalamualaikum . .



Sahabatmu,


(ttd)
Dina Saraswati

Surat diatas berupa balasan surat pribadi yang ditujukan kepada sahabatnya yang berada di kampung halamanya. Berikutnya akan kami berikan contoh surat pribadi untuk seorang guru.

3. Contoh Surat Pribadi Untuk Guru


Solo, 22 Agustus 2016


Teruntuk Guruku
Bpk. Sarjono, S.Pd.
Di Kota


Assalamualaikum Wr.Wb.

Bagaimana kabar Bapak ? Saya berharap Bapak selau berada dalam keadaan sehat walafiat. Oh iya Pak, saya ingin menyampaikan sebuah berita gembira untuk Bapak. Berita yang menjadi harapan kita berdua ketika aku masih berada di SMA bahwa aku telah berhasil terpilih sebagai atlet bulu tangkis yang akan mewakili Indonesia dalam ajang Sea Games tahun ini.

Aku mengucapkan terimakasih kepada Bapak atas didikannya dan bimbingannya selama ini. Aku tidak akan pernah melupakan jasa – jasa Bapak karena Bapak lah yang telah menemukan bakat ku dan Bapaklah yang telah membimbingku menjadi atlet yang terkenal.

Tiada kata lelah apalagi putus asa dalam mendidikku. Bapak selalu melatihku dengan penuh keyakinan dalam hati Bapak. Bapak selalu memotivasi dan menyakinkan aku untuk menjadi atlet yang hebat. Kini semua usaha Bapak selama ini telah terbayar.

Oleh karena itu, saya sangat berterimakasih kepada Bapak atas jasa – jasa yang telah Bapak berikan kepadaku. Selain itu, saya juga mengundang Bapak untuk menemaniku ke Singapura untuk melihat dan menyemangatiku di sana. Aku akan menjemput Bapak dan keluarga 2 hari lagi.

Aku kira apa yang telah aku sampaikan ini telah cukup dan akan kita sambung lagi di hari nanti ketika kita semua berada di Singapura. Aku sudah tidak sabar lagi untuk bertemu dengan Bapak.

Sekali lagi saya mengucapkan terimakasih dan sampai jumpa lagi.

Wassalamualaikum Wr.Wb.



Salam hormat,


Arga Hidayat

Surat diatas merupakan contoh surat pribadi dari murid kepada gurunya yang berisi ungkapan terima kasih karena telah menjadi salah satu orang yang berperan membuatnya sukses. Berikutnya adalah contoh surat pribadi untuk ibu.

4. Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu


Madinah, 16 Januari 2016


Untuk wanita spesial dalam hidupku
Ibuku tercinta
Di Indonesia



Assalamualaikum Ibu

Bu sebenarnya berat aku menulis surat ini, bukan karena aku tak ingin memberikan kabar kepadamu, tetapi karena rinduku sudah tak tertahan dan aku sangat ingin bertemu denganmu bu. Ibu disana baik-baik saja kan bu? aku pun disini demikian alhamdulillah aku sehat dan baik-baik saja disini bu.

Bu, aku sangat rindu kepadamu, sampai-sampai beberapa hari ini aku selalu terbayang-bayang dirimu bu. Mungkin ini karena aku sudah terlalu lama tak pulang bu. Terhitung sudah 5 tahun aku tak pulang ke Indonesia. Namun ibu jangan khawatir karena sebentar lagi aku pulang untuk menemui ibu. Aku akhirnya bisa mendapatkan cuti pulang ke Indonesia bu meskipun tak lama hanya sekitar 20 hari saja.

Bu, aku sekarang sudah menjadi manager di perusahaanku bu, pasti semua ini berkat doa-doamu, aku yakin itu. Oh iya bu, aku sekarang sudah punya pacar bu, asli orang Indonesia. Aku bertemu dengannya disini dan dia pun bekerja disini. Nanti ketika pulang ke Indonesia rencananya aku akan pulang bersamanya juga dan aku akan memperkenalkannya kepadamu bu. Semoga dia cocok seperti yang kau mau. Ibadahnya tekun dan dia adalah pria yang santun, selain itu dia juga tampan bu hehehe.

Oh iya bu, aku juga kangen dengan masakan-masakan ibu. Tempe goreng yang dulu setiap pagi ibu masakan untuk ku dan nasi goreng khas ibu. Disini sebenarnya banyak makanan yang enak tetapi semuanya tak bisa mengalahkan makanan masakan ibu.

Bu, sudah dulu yaa, semoga ibu selalu diberikan kesehatan dan keselamatan. Tunggu aku bu sebentar lagi aku pulang ke Indonesia. Salam sayang dari anakmu.

Wassalamualaikum



Anakmu,


Indah Rahayu

Surat diatas merupakan contoh surat pribadi yang ditulis oleh seseorang yang berada di luar negeri untuk ibunya yang tinggal di Indonesia. Semoga bisa menamba referensi surat Anda.

Demikian info seputar Contoh Surat Pribadi yang dapat kami sampaikan. Apabila pekerjaan anda salah satunya adalah surat menyurat, sebagai bahan tugas sekolah maupun yang sedang cari-cari ide buat menulis surat untuk teman, saudara, atau orangtuanya, artikel ini dapat digunakan sebagai contoh referensi anda. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Selamat mencoba dan semoga sukses.


EmoticonEmoticon