Selasa, 09 Januari 2018

Contoh Laporan Kronologi

Di halaman ini Anda akan menemukan kumpulan laporan kronologi mengenai berbagai hal yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pembelajaran untuk membuat laporan kronologi yang benar.

Laporan kronologi bisa diperlukan untuk kepentingan dalam dunia kerja - misalkan diminta oleh perusahaan, atau laporan kronologi untuk keperluan pembuatan laporan ke Kepolisian.

Pada umumnya, surat laporan kronologi ini dibuat oleh karyawan sebagai bentuk penjelasan secara formal terhadap perusahaan dibalik suatu peristiwa, misalkan kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan mobil iventoris mengalami kerusakan.

Baik untuk keperluan di perusahaan maupun untuk keperluan laporan ke pihak berwajib, pada prinsipnya laporan kronologi tidak memiliki perbedaan berarti. Intinya, laporan yang Anda tulis harus lengkap sebagaimana kejadian sesungguhnya.

Contoh Laporan Kronologi Yang Benar


Nah, dibawah ini sudah saya siapkan beberapa contoh laporan kronologis yang dapat Anda pelajari isinya:


Laporan Kronologi Kejadian


LAPORAN KRONOLOGI KEJADIAN


Yang bertandatangan di bawah ini:Nama :  ........................................................Alamat :  .........................................................................................................   .........................................................................................................Pekerjaan :  Karyawan PT Eisai IndonesiaDengan ini melaporkan bahwa pada :Hari/tanggal :  Waktu : Lokasi : Telah terjadi kecelakaan dengan kronologi kejadian sebagai berikut :................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................... ..................................................................................................................................................................................................................................................................................................  (ceritakan kronologi kejadian)
Demikian kronologi   ini   kami  laporkan   agar   diketahui   oleh kantor   pusat   dan   untukkeperluan proses asuransi asset perusahaan. Mohon informasinya apabila ada hal-hal yang perlu kami tindak lanjuti selanjutnya.

Terima kasih

......................, ...............................

( ....................................)

Laporan Kronologi Kejadian Penipuan 


SURAT KRONOLOGIS KEJADIAN

Pada tanggal 2 Juli 2015 mulai pukul 11.49 WIB, saya melakukan transaksi dengan seseorang yang menggunakan rekening Bank ........... istrinya atas nama............ Transaksi itu untuk membeli Velg Enkei Compe 8 ring 15 seharga Rp. 2.500.000,-. Saya mengetahui informasi penjualan velg tersebut berawal dari Grup Facebook Bursa Velg. Akun yang digunakan bernama ...........

Kemudian saya menghubunginya lewat chatting whatsapp dengan nomor 082216409342 untuk meminta foto detail velg nya karena saya tidak mau membeli dengan kondisi cacat dan mahal. Ia memberikan foto-foto detailnya. Saya menawar harga sebesar Rp. 2.500.000, dan langsung disetujui oleh penjual.

Setelah itu saya meminta nomor rekening penjual dan ia memberi rekening mandiri istrinya :
Atas nama       : ...........
No rekening    : Bank.............

Karena tidak ingin cepat percaya, saya meminta foto KTP yang sesuai dengan atas nama rekening tersebut. Tapi penjual memberikan foto KTP miliknya , yaitu:

Nama KTP      : Huda Hamdan
Nomor KTP     : 3202270807910003
Alamat             : Jl. Kartini No. 21 RT 02/05 Kel. Cikole, Kec. Pelabuhan Ratu
  Kab. Sukabumi, Jawa Barat
Handphone     : 082216409342

Kemudian saya meminta kembali foto KTP yang sesuai dengan atas nama rekening tersebut. Ia memberikan foto KTP yaitu:
Nama KTP      : ................
Nomor KTP     : ................
Alamat : Jl. Kartini No. 21 RT 02/05 Kel. Cikole, Kec. Pelabuhan Ratu
  Kab. Sukabumi, Jawa Barat

Setelah yakin nama KTP sesuai dengan nama yang tertera pada rekening bank, saya transfer uang melalui rekening bank BTN. Setelah saya transfer, saya mengirimkan konfirmasi kepada penjual ini berikut print screen bukti transfer saya. Ia mengatakan ingin mengecek terlebih dahulu dan meminta no rekening saya dengan alasan cek mutasi di sms banking. Saya tidak mudah percaya dengan memberikan no rekening saya karena logikanya tidak perlu nomor rekening saya. Saya beralasan, bahwa saya pulang kampung.

Tanggal 3 Juli 2015, sekitar jam 10 pagi, saya menghubungi penjual kembali di pagi hari via telepon, tapi tidak diangkat. Kemudian ia sms dan saya menanyakan transfer sudah masuk apa belum dan kapan dikirim. Penjual mengatakan sudah masuk dan siangan akan dikirim. Tidak berhenti sampai disitu, saya meminta foto kondisi velg di pengiriman JNE. Dia menjawab ok. 

Siang harinya saya sms penjual tidak di respon. Sorenya, saya telepon via whatssap dan menanyakan kapan dikirim, penjual hanya menjawab “habis gini”. Ternyata, beberapa jam kemudian saya telepon kembali lewat nomor telepon (bukan via whatsapp), penjual tidak menjawab. Bahkan ia masih berani menjual barang yang sudah saya beli di grup lain yaitu “Bursa Velg”.

Hingga hari Sabtu, 4 Juli 2015, facebook penjual tidak aktif (untungnya saya masih sempat screen facebook penjual). Semua foto jualannya di grup telah dihapus.

Dengan pertimbangan atas kejadian ini, saya memutuskan untuk menghubungi pihak Bank ............., agar menjadi pihak ketiga antara saya dengan penjual ini, supaya saya bisa menghubungi dan meminta keterangan serta meminta uang saya kembalikan.

Mohon bantuannya dan mohon kerjasamanya supaya masalah ini bisa diselesaikan pihak Bank ...........

Malang, 4 Juli 2015
Hormat Saya,



(..................)

Contoh Membuat Kronologis Kecelakaan untuk klaim BPJS


Kronologis Kecelakaan

Pada hari Rabu, 20 Mei 2016 saudari pukul 13.30 WIB karyawati kamu mengalami kecelakaan yang terjadi di Jl. Banyumas Km 10 Wonosobo, adapun karyawati kami tersebut adalah :

Nama             : Dita Rahaningtyas
Jabatan           : Surveyor
Tugas/Penempatan    : Wonosobo Barat

Adapun kronologis kecelakannya sebagai berikut :

Pada hari Senin, tanggal 20 Mei 2016 saudari Dita rencananya akan melakukan survey ke supermarket Semar, Anggrek, Indah Jaya, Warkom dan Sumber Berkah.

Pada pukul 07.30 -08.00 WIB, saudari Dita berangkat dari rumah menuju kantor

Pada pukul 08.15-09.00 WIB pihaknya mengikuti breefing pagi

Pukul 09.00-10.30 saudari Dita berangkat dari kantor menuju Supermarket Semar

Pada pukul 10.30-11-00 WIB setelah berkunjung dari Supermarket Semar kemudian menuju ke supermarket Anggrek.

Pukul 11.00-12.00 WIB dari supermarket Anggrek menu supermarket Indah Jaya.

Pukul 12.15-13-15 WIB dari supermarket Indah Jaya saudari Dita menuju ke supermarket Warkom

Pada pukul 13.15-14.30 WIB dari supermarket Warkom untuk menuju supermarket Sumber Berkah. Akan tetapi, ketika melakukan perjalanan tersebut saudari Dita mengalami kecelakaan di JL. Banyumas Km 10 Wonosobo pada pukul 13.20 WIB.

Setelah mengalami kecelakaan tersebut, saudari Dita langsung di evakuasi untuk dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Wonosobo dengan menggunakan ambulance. Sesampainya di rumah sakit saudari Dita langsung di rawat di UGD untuk selanjutnya mendapatkan layanan rawat inap di rumah sakit tersebut.
Demikianlah kronologis kecelakaan saudari Dita ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Wonosobo, 20 Mei 2016
Mengetahui,

Head Of Region
Saksi I,                                    Saksi II,

Contoh Laporan Kronologi Kecelakaan Untuk Karyawan


Pada tanggal 5 April 2016, pukul 13.00 WIB saya sedang bertugas untuk mengantarkan barang yang dipesan oleh PT. CITRA BUANA berupa 1 (satu) pcs LCD menggunakan mobil iventoris perusahaan (Inova / L 12554 JY).

Saya mengendarai mobil berkecapatan 99 KM/jam. Adapun saya berangkat dari kantor menuju lokasi pada jam 14.00 WIB. Pada saat saya tiba disebuah perempatan, tepatnya di Jl. Bunga No. 11 sebuah motor yang berada tepat didepan saya tiba-tiba berhenti secara mendadak. Saya berusaha menghindari motor tersebut, namun akhirnya mobil yang saya kendarai menabrak sebuah tiyang papan iklan dipinggir jalan.

Pengendara motor itu lantas bergegas menghampiri saya untuk memberikan pertolongan, karena saya tidak tampak keluar dari mobil. Saya merasa sangat kaget, dan sempat tidak bisa bergerak selama 5 menit. Kemudian, setelah saya sadarkan diri pengendara motor tersebut meminta maaf kepada saya karena dia merasa sebagai penyebab saya menabarak pohon.

Beberapa menit kemudian, saya mencoba meminta pertanggung jawaban kepada yang bersangkutan. Dan pengendara motor itu pun berjanji akan memberikan ganti rugi sesuai dengan biaya untuk memperbaiki mobil Inova yang saya kendarai dengan catatan mobil harus dibawa ke workshop terlebih dahulu untuk dilakukan perbaikan seperlunya.

Saya dan pengendara motor itu lantas menuju sebuah workshop terdekat untuk segera menecari tahu estimasi biaya perbaikan mobil. Karena proses perbaikan mobil tidak bisa selesai  pada waktu itu juga, maka sebagai jaminan saya kemudian meminta SIM dan nomor telepon pengendara motor tersebut sebelum yang bersangkutan pulang.

Yang bersangkutan meminta saya untuk menghubunginya apabila proses perbaikan mobil sudah selesai dilakukan, dan yang bersangkutan berjanji akan membayar semua biaya perbaikan.

Demikian laporan kronologi ini saya buat berdasarkan kondisi yang sebenar-benarnya tanpa ada rekayasa sedikitpun.

Malang, 06 April 2016
Dibuat oleh,

Huda Wijaya
Karyawan


EmoticonEmoticon