Kamis, 29 September 2016

Contoh Surat Over Kredit Rumah

Definisi Surat Over Kredit Rumah


Contoh Surat - Over kredit rumah adalah proses pengalihan penanggung jawab kredit. Sehingga over kredit rumah adalah sebuah proses pengalihan kredit rumah dari penanggung jawab kredit yang lama kepada penanggung jawab kredit yang baru. Biasanya rumah yang di over kredit adalah rumah yang dibeli dengan cara KPR (Kredit Perumahan Rakyat) dan masih dalam waktu kredit berjalan.

Contoh Surat Over Kredit Rumah


Contoh Surat Over Kredit Rumah - Dari definisi diatas anda dapat memahami seperti apa surat over kredit rumah yang dimaksud. Berikut kami berikan beberapa contoh surat over kredit rumah yang dapat mempermudah Anda untuk memahami surat ini.

Contoh Surat Over Kredit Rumah


SURAT OVER KREDIT RUMAH

Yang bertandatangan di bawah ini :

Nama                                      : Dedi Setiawan
Tempat/tanggal lahir           : Bandung, 18 April 1970
Agama                                    : Islam
Alamat                                    : Jalan Setia Asih No. 1 Kel. Ramai Kec. Matahari Cerah Kota Bandung 39090

Disebut dengan Pihak I

Nama                                       : Dimas Anggara
Tempat/tanggal lahir           : Bogor, 8 Februari 1980
Agama                                    : ISLAM
Alamat                                    : Jalan Melodi Indah I No. 30 Kec. Gorontalo Kel. Pulau Intan Kab. Bandung Tengah                                                             40970

Disebut dengan Pihak II

Pada hari ini Kamis Tanggal 19 Bulan Mei Tahun 2016, dalam hal ini saya atau disebut pihak I telah menyerahkn over kredit atas 1 unit rumah milik saya yang beralamat di:
Perumahan Bandung Commercial Park Blok B No. 2 RT. 01 RW. 01 Kel. Bunga Bali Kec. Taman Sari Kota Bandung Prov. Jawa Barat,

Kepada Bapak Dimas Anggara atau disebut Pihak II.

Setelah proses over kredit ini, pihak II bertanggung jawab sepenuhnya, berkewajiban melunasi semua sisa cicilan (108 kali cicilan) sampai tahun 2028. Selanjutnya setelah over kredit ini, pihak I tidak lagi bertanggung jawab menyelesaikan segala bentuk urusan berkaitan dengan rumah dengan alamat tersebut. Semua proses kelengkapan rumah ditanggung oleh Pihak I (Penjual) yang sifatnya membantu saja. Biaya yang timbul dari proses tersebut ditanggung oleh Pihak II (Pembeli).

Selanjutnya setelah perjanjian ini disepakati oleh kedua belah pihak, untuk memperkuat status hukum perjanjian ini. Apabila waktu yang telah ditentukan oleh Bank BTN yaitu 3 tahun Rumah boleh diover kredit, maka kedua belah pihak akan membawa perjanjian ini ke NOTARIS untuk membuat Akta Jual Beli.Demikianlah surat pernyataan over alih kredit rumah ini kami buat atas dasar musyawarahdan mufakat bersama, dalam keadaan sehat jasmani dan rohani dan tanpa adanya paksaandari pihak manapun juga.



Pihak I                                                                                    Pihak II
Pemberi Over Kredit Rumah                                               Penerima over kredit rumah


Dedi Setiawan                                                                        Dimas Anggara

Saksi I
Alendra Syahril           ( ……………………………………..)

Saksi II
Aliando Syarif             ( ……………………………………..)

Dalam proses over kredit rumah ini terdapat beberapa cara dimana masing - masing cara sangat berpengaruh terhadap legalitas dokumen hukumnya.



Baca Juga :

- Contoh Surat Dakwaan
- Contoh Surat Rekomendasi
- Contoh Surat Pinjaman



Contoh Surat Over Kredit Rumah II


SURAT OVER KREDIT RUMAH

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                      : Dedi Setiawan
Tempat, Tanggal Lahir         : Bandung, 7 Oktober 1984
Agama                                     : Islam
Alamat                                    : Komplek Taman Nusantara Jalan Kembang Merona No. 45
Kelurahan Subur Makmur Kecamatan Sejahtera Bandung 30979

Selanjutnya disebut pihak pertama,

Nama                                      : Roberto Buenoz
Tempat, Tanggal Lahir       : Bandung, 10 Mei 1977
Agama                                    : Islam
Alamat                                    : Jalan Abadi Jaya Gg. Halilintar no. 60B
Kelurahan Wedang Ronde Kecamatan Asem Manis Bandung 30670

Selanjutnya disebut pihak kedua,

Pada hari ini Rabu, Tanggal 18 Bulan Mei Tahun 2016, dalam hal ini Saya atau disebut dengan Pihak Pertama telah menyerahkan / over kredit atas 1 unit rumah milik saya yang beralamat : Komplek Gunung Kidul Cluster Bunga Terompet Blok A No. 5 Kabupaten Bandung, Kepada sdr Roberto Buenoz atau disebut dengan pihak Kedua , dengan pasal perjanjian sebagai berikut :

Pasal 1

Over kredit dinyatakan Sah apabila pihak Kedua telah melunasi biaya yang ditetapkan Pihak Pertama sebesar Rp 250.000.000 (Dua ratus lima puluh juta rupiah) dengan biaya balik nama di tanggung oleh Pihak Kedua.  Adapun tempo penyelesaian pembayaran disepakati pada Awal Agustus 2016. Bukti Sah pelunasan biaya diatas adalah kwitansi yang ditandatangani kedua belah pihak.

Pasal 2

Pihak Pertama dan Pihak Kedua menandatangani surat serah terima akta jual beli dari notaris kepada pihak pihak kedua.

Pasal 3

Pihak Pertama dan Pihak Kedua berhak membatalkan perjanjian over kredit ini apabila terjadi ketidakcocokan negosiasi yang tidak tertulis dengan pengembalian semua biaya yang telah dikeluarkan oleh kedua belah pihak.

Pasal 4

Setelah over kredit ini, pihak kedua bertanggung jawab sepenuhnya, berkewajiban melunasi semua tunggakan cicilan dan cicilan selanjutnya tersebut sebanyak 152 kali lagi (14 tahun) terhitung sejak bulan Mei 2016.

Pasal 5

Selanjutnya setelah over kredit ini, pihak pertama tidak lagi bertanggung jawab menyelesaikan segala bentuk urusan berkaitan dengan rumah yang beralamatkan tersebut di atas.

Demikianlah surat pernyataan over alih kredit rumah ini kami buat atas dasar musyawarah dan mufakat bersama, dalam keadaan sehat jasmani dan rohani dan tanpa adanya paksaan dari pihak manpun juga.


Pihak I                                                                                    Pihak II
Pemberi Over alih Kredit Rumah                                     Penerima over alih kredit rumah


Dedi Setiawan                                                                        Roberto Buenoz

Saksi I                                                                                                 Saksi II


Alendra Syahril                                                                     Aliando Syarif

Kita perlu memilih benar cara mana yang paling aman bagi kita agar pada saatnya apabila over kredit kpr itu lunas, kita dapat mengambil Sertifikat Rumah di bank dengan mudah dan tanpa kendala.

Contoh Surat Over Kredit Rumah III


Surat Over Kredit Rumah

Pada hari ini, RABU,tanggal 18 MEI 2016, kami yang bertanda tangan di bawah ini   :

Pihak Pertama

Nama                                      : Dedi Setiawan
Tempat, Tanggal Lahir       : Bandung, 7 Oktober 1984
Pekerjaan                               : Wiraswasta
Alamat                                    : Komplek Taman Nusantara Jalan Kembang Merona No. 45 Kelurahan Subur Makmur Kecamatan Sejahtera Bandung 30979

Pihak Kedua

Nama                                      : Rendy Syahreza
Tempat, Tanggal lahir          : Bogor, 8 Februari 1980
Pekerjaan                               : PNS
Alamat                                    : Jalan Melodi Indah I No. 30 Kec. Gorontalo Kel. Pulau Intan Kab. Bandung Tengah 40970

Dengan ini menyatakan kedua belah pihak telah sepakat untuk mengikat diri dalam Perjanjian Over Kredit Rumah, yang berlokasi di Komplek Gunung Kidul Cluster Bunga Terompet Blok A No. 5 Kota Bandung 90397, dengan ketentuan dan  syarat – syarat seperti tercantum  di bawah ini   :
  1. Pihak  Kedua membeli rumah milik Pihak Pertama, yang berlokasi tersebut diatas, dengan type 48, dengan harga Rp. 500.000.000,00 (Lima Ratus Juta Rupiah)
  2. Pihak Kedua melakukan pembayaran secara bertahap :
  • Pembayaran ke – 1 sebagai tanda jadi pembelian RUMAH sebesar 300.000.000,00 (Tiga Ratus Juta Rupiah) diserahkan Pihak Kedua kepada Pihak Pertama pada tanggal 16 MEI 2016.
  • Sisa dari pembayaran yaitu  sebesar  Rp. 200.000.000,00 (Dua Ratus Juta Rupiah) akan dilunasi  Pihak Kedua pada tanggal 20 MEI 2016, bersamaan dengan ditandatanganinya surat perjanjian ini.
  1. Apabila terjadi perselisihan dalam pelaksanaan perjanjian ini akan diselesaikan oleh kedua belah pihak dengan jalan musyawarah. Apabila ternyata bahwa penyelesaian perselisihan tersebut tidak dapat diselesaikan secara musyawarah, maka kedua belah pihak sepakat untuk menyerahkan penyelesaiannya kepada Pengadilan Negeri Kota Bandung.
Hal – hal lain yang belum diatur dalam surat perjanjian ini akan diatur kemudian oleh kedua belah pihak secara musyawarah. Aturan tambahan tersebut merupakan satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dari surat perjanjian ini.


Pihak I                                                                                                Pihak II


Dedi Setiawan                                                                                    Rendy Syahreza


Mengetahui,

Saksi I                                                                                                 Saksi II

Oman Rahadian                                                                                 Haris Hutapea

Demikian mengenai contoh surat over rumah dengan melalui berbagai cara yang dapat menjadi refensi untuk membuat surat over kredit yang benar dan resmi agar aman dalam melakukan over kredit.


EmoticonEmoticon