Jumat, 09 September 2016

Contoh Surat Pengunduran Diri

Pengertian Surat Pengunduran Diri


Contoh Surat - Surat pengunduran diri atau surat resign pasti dibutuhkan bagi karyawan yang akan keluar dari perusahaan tempatnya bekerja. Contoh surat pengunduran ini perlu bagi karyawan agar mereka tidak perlu meminta contoh pada rekan kerja atau bahkan HRD dari perusahaan tempatnya bekerja.

Tidak enak atau malu mungkin menjadi alasan. Beragam alasan sehingga seseorang memutus berhenti kerja. Entah mendapatkan tempat yang lebih baik atau bahkan tidak sanggup lagi melanjutkan pekerjaannya di perusahaan tersebut.

Surat pengunduran diri atau surat resign terkadang cukup sulit untuk dilaksanakan, terlebih lagi kita harus meninggalkan jejak dan kesan yang baik kepada atasan dan perusahaan dimana kita bekerja sebelumnya, baik full time maupun part time.

Memang tidak ada bentuk baku surat pengunduran diri, tapi secara garis besar surat tersebut berisi alasan pengunduran diri dan ucapan terima kasih atas kesempatan yang sudah diberikan oleh perusahaan.

Pada dasarnya menulis Surat Resign sama halnya dengan menulis surat lamaran pekerjaan. hal ini yang harus diperhatikan yaitu bahasa Indonesia yang kita gunakan adalah berdasarkan Ejaan yang baik dan benar. Atau bahkan jika kita memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik, maka kita harus memperhatikan grammar serta tensesnya.

Tips Menulis Surat Pengunduran Diri Kerja

  1. Dalam penulisan isi surat harus dengan jelas dan juga tidak bertele - tele,
  2. Isi alasan surat pengunduran diri singkat dan jelas,
  3. Ucapkan juga terima kasih kepada perusahaan, baik itu pemimpin, karyawan dan lain-lain untuk memberikan rasa terima kasih karna anda juga pernah bekerja sama dalam perusahaan itu.
  4. Sampaikan permohonan maaf kepada pemimpin perusahaan, dan juga para karyawan serta yang lainnya.

Contoh Surat Pengunduran Diri


Contoh Surat Penunduran Diri - Untuk dapat lebih memahami seperti apa surat pengunduran diri yang sudah di jelaskan diatas tadi, kami akan berikan beberapa contoh terkait surat pengunduran diri yang dapat Anda jadikan sebagai referensi. Perhatikan juga aspek - aspek yang sudah saya sebutkan diatas sebelumnya. Simak dan pelajari baik-baik tata penulisannya.

Contoh Surat Pengunduran Diri di PT


Bogor, 21 Juni 2012



Kepada Yth,
PT. Suka Senang Jaya
Di Jl. Surat Kuasa No. 339
Cibinong Bogor



Dengan hormat,

Bersama surat ini saya mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan PT. Sukasenang Jaya atas :
Nama : Mujiono Bahar
Pendidikan Terakhir : SMK Satu Nusa
No. Pegawai : 76598789
Alamat : Jalan Mangga Manis Muda No. 65 Cibinong Bogor
Dengan ini Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk belajar dan bekerja di PT. Sukasenang Jaya, sebagai suatu perusahaan besar selama penempatan di unit Supervisor Kredit.

Tidak lupa saya mohon maaf kepada seluruh karyawan serta jajaran manajemen PT. Sukasenang Jaya, apabila selama ini terdapat hal-hal yang tidak baik yang telah saya lakukan selama bekerja perusahaan ini.

Saya berharap dan berdo’a agar PT. Sukasenang Jaya menjadi perusahaan yang terus maju dan sukses.



Hormat saya,


Mujiono Bahar

Surat diatas merupakan surat pengunduran diri dari salah satu karyawan di salah satu perusahaan yang berada di Bogor. Berikutnya kami berikan contoh lain dari surat pengunduran diri di PT.

Contoh Surat Pengunduran Diri di PT II


Jakarta, 19 Maret 2014


Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Bakrie & Brothers Tbk
Jl. HR. Rasuna Said Kav. B-1
Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya selaku Asisten Manager PT. Bakrie & Brother Tbk berdasarkan Surat Keterangan Bersama (SKB) tentang kekaryawan dan Undang-undang tenaga kerja maka saya bertanda tangan dibawah ini :
Nama : M. Ridwan Purnomo
Perusahaan : PT. Bakrie & Brother Tbk
Jabatan : Asisten Manager
No. Karyawan : 879 438634346
Mengajukan pengunduran diri dari PT. Bakrie & Brother Tbk dengan alasan keluarga. Surat ini saya buat sesuai prosedur indisutrial, dan berharap perusahaan memahami alasan saya dan memberikan hak-hak sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikianlah surat pengunduran diri saya buah dengan sesungguhnya. Atas bantuan dan dukungannya yang diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.



Hormat saya,


M. Ridwan Purnomo

Surat diatas merupakan surat pengunduran diri dari seorang asisten manajer di salah satu perusahaan yang berada diJakarta. Berikutnya akan kami berikan salah satu contoh surat pengunduran diri dari guru.

Contoh Surat Pengunduran Diri Guru


SURAT PENGUNDURAN DIRI


Kepada Yth,
Kepala Sekolah Bina Negara Jakarta
Jl. Bunga Rampai 09/01 No. 78, 11765
Jakarta Timur
Indonesia


Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya :

Nama     : Miranda Sri Nurdika
Jabatan : Guru

Secara resmi terhitung hari ini tanggal 7 Desember 2014 mengundurkan diri sebagai guru Bahasa Jerman di SMA Bina Negara.

Saya ucapkan rasa terima kasih yang begitu besar atas kesempatan-kesempatan yang terlah diberikan SMA Bina Negara kepada saya untuk bekerja dan mengajar siswa-siswi. Tidak lupa saya pun memohon maaf kepada jajaran Komite Sekolah SMA Bina Negara apabila terdapat hal-hal yang tidak baik dan kurang berkenan yang saya lakukan saat bekerja di SMA Bina Negara.

Saya berharap agar SMA Bina Negara menjadi sekolah yang terus berprestasi baik akademik ataupun non akademik dan terus melahirkan bibit-bibit penerus bangsa yang jujur dan berakhlak. Amin.



Jakarta, 7 Desember 2014
Hormat saya,


Miranda Sri Nurdika

Surat diatas merupakan contoh surat pengajuan pengunduran diri dari seorang guru di salah satu SMA negeri. Berikutnya akan kami berikan contoh surat pengunduran diri dari instansi pemereintahan yang lain.

Contoh Surat Pengunduran Diri di Kedinasan


SURAT PENGUNDURAN DIRI


Kepada Yth,
Bpk. Ketua Lembaga
Pendidikan Cepat Sukses
Bandung, Jawa Barat
Di Tempat


Dengan hormat,

Bersama surat ini saya mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai Kepala Sekolah SD Cepat Sukses Bandung Desa Cimahi, terhitung sejak tanggal 24 September 2015, Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : Katon Priyatna
Tempat, Tanggal Lahir : Ciamis, 16 April 1971
Jabatan : Kepala Sekolah
Masa Kerja : 4 Tahun
Saya ucapkan yang sebesar - besarnya dan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan SD Cepat Sukses Bandung kepada saya untuk pengalaman dan kesempatan membimbing anak - anak mengembangkat bakat untuk menjadi generasi penerus bangsa Indonesia selama kurang lebih 4 tahun ini.

Tak lupa saya mohon maaf kepada jajaran keluarga besar SD Cepat Sukses Bandung apabila terdapat hal-hal yang tidak baik yang telah saya lakukan selama bekerja di SD ini.

Saya berharap SD Cepat Sukses Bandung menjadi sekolah yang terus maju dan sukses serta menjadi yang lebih baik di kedepannya baik dalam hal prestasi ataupun lainnya. Amin.



Hormat saya,


Katon Priyatna
NIP. 6697 876790 xxxx

Surat diatas merupakan salah satu contoh surat resmi pengunduran diri oleh seorang kepala sekolah di sekolah dasar. Semoga dapat menambah wawasan dan referensi Anda mengenai surat pengunnduran diri.

Demikian info seputar Contoh Surat Pengunduran Diri yang dapat kami sampaikan. Apabila pekerjaan anda salah satunya adalah surat menyurat, sebagai bahan tugas sekolah maupun yang sedang cari - cari ide buat menulis surat untuk teman, saudara, atau orangtuanya, artikel ini dapat digunakan sebagai contoh referensi anda. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Selamat mencoba dan semoga sukses.


EmoticonEmoticon