Kamis, 15 September 2016

Contoh Surat Pemberitahuan

Pengertian Surat Pemberitahuan


Contoh Surat - Bermacam-macam surat pemberitahuan dapat kita temui dalam sehari-hari yang memiliki ciri-ciri utama memberitahukan informasi tertentu, dibuat menggunakan bahasa yang baku, kalimat teratur yang bersifat resmi. Tentunya format pembuatannyapun harus diperhatikan dengan baik sehingga dapat membuatnya dengan benar.

Sebuah surat pemberitahuan diperlukan untuk menyampaikan berita atau informasi tentang suatu hal / kegiatan yang dianggap penting baik kepada perusahaan, orang tua siswa ataupun sekolah.

Contoh Surat Pemberitahuan


Contoh Surat Pemberitahuan - Setelah memahami uraian diatas tentu Anda sudah memiliki gambaran bagaimana membuat surat pemberitahuan yang baik dan benar bukan. Namun agar lebih jelas bagaimana format surat pemberitahuan, berikut saya bagikan beberapa contoh surat pemberitahuan. Perhatikan juga aspek - aspek yang sudah saya sebutkan diatas sebelumnya. Simak dan pelajari baik - baik tata penulisannya.

Contoh Surat Pemberitahuan


SEKOLAH MENEGAH SMAN 3 BANDA ACEH
Jln. Jl. Tgk. Daud Beureueh No. 456 Banda Aceh
Telp. (0651) xxxxxx Website: www.sma3baxxxceh.sch.id

Banda Aceh, 21 November 2015


Nomor : 103/SMAN3/SP/V/2016
Hal       : Pemberitahuan

Kepada Yth,
Bapak / Ibu Orang Tua / Wali Siswa Kelas XI
Di - Tempat

Dengan hormat,

Berdasarkan hasil rapat orang tua wali siswa kelas XI pada tanggal 20 November 2015 tentang pembiayaan ujian kompetensi dan ujian akhir Sekolah, perlu kami beritahukan bahwa biaya untuk Kegiatan tersebut adalah sebesar Rp. 100.000,- (Seratus ribu rupiah). Ujian praktik akan di laksanakan pada tanggal 7 s.d  12 Desember 2015 dan uji tulis Kompetensi Nasional 14 Desember 2016. Demi kelancaran kegiatan tersebut kami mohon agar Bapak / Ibu Orang Tua / Wali Siswa Kelas XI melunasi paling lambat tanggal 5 Desember 2016.

Demikian surat pemberitahuan ini kami buat. Atas perhatian dan kerja sama nya kami ucapkan terima kasih.




Hormat Kami,
Kepala Sekolah


( Nama Kepala Sekolah )
NIP.___________________

Surat diatas adalah salah satu contoh surat pemberitahuan yang dikeluarkan oleh pihak sekolah guna memberitahukan tentang pembiayaan ujian kompetensi dan ujian akhir Sekolah. Berikutnya akan kami berikan contoh lain dari surat pemberitahuan.

Contoh Surat Pemberitahuan II


PT. JAVA ANIMA DARMAJA
One Stop Busniness and IT Solution
Jl. Cempaka Blok C3 No.24 Perum. Beringin Raya Kemiling Bandar Lampung
Website: http://xxxx.co.xxx, Telp: (0721) 271411, Faks: (0721) 270836

Nomor             : 031/MARKETING/VI/2013
Perihal             : Pemberitahuan Kenaikan Harga
Lampiran         : 1 lembar

Kepada,
Yth. Pimpinan PT. Tunas Dwipa Matra
Jl. Raden Intan No. 9999
Bandar Lampung

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan meningkatnya biaya Bahan Bakar Minyak yang berimbas pada meningkatnya biaya operasional perusahaan kami, maka melalui surat ini kami beritahukan kepada seluruh kustomer PT. Java Anima Darmaja, bahwa seluruh produk kami akan mengalami kenaikan harga sebesar 10 s/d 15%.

Bersama surat ini juga kami lampirkan daftar harga baru seluruh produk kami yang akan berlaku efektif mulai tanggal 1 Juli 2013. Seluruh faktur yang dibuat mulai tanggal tersebut sudah menggunakan harga baru sesuai pada daftar tersebut.

Kami mengucapkan permohonan maaf atas kebijakan ini dan kami harap kerja sama yang baik yang telah terjalin selama ini tetap terjaga dengan baik. Demikian surat pemberitahuan ini kami buat agar dapat dimaklumi.




Bandar Lampung, 26 Juni 2013
Manager Marketing

ttd
FIQI AL-FATHURRAHMAN, SE.

Surat diatas merupakan salah satu contoh surat pemberitahuan untuk kenaikan harga barang kepada pelanggan. Berikutnya akan kami berikan contoh lain dari surat pemberitahuan.



Baca Juga :

- Contoh Surat Izin
- Contoh Surat Keterangan
- Contoh Surat Permohonan

Contoh Surat Pemberitahuan III


Yth. Bapak/Ibu Deni Setiawan
NPWP 669941234567000

Kami sampaikan terima kasih atas sumbangsihnya kepada pembangunan negara melalui pajak yang Anda telah bayarkan. Dengan ini kami sampaikan bahwa per 1 Juli 2016, seluruh bank dan pos persepsi akan menerapkan sistem pembayaran pajak secara elektronik melalui modul penerimaan negara generasi kedua (MPN-G2).

Sebagaimana cara pemesanan online tiket pesawat, kereta, dan hotel, pembayaran pajak secara elektronik juga terdiri dari dua proses: pembuatan Kode Billing, dan pembayaran menggunakan Kode Billing tersebut.

Dengan cara pembayaran pajak ini, Wajib Pajak dapat membayar pajak lebih mudah, di mana saja dan kapan saja, melalui kanal-kanal pembuatan Kode Billing:

1. petugas bank (Teller/CS) dengan membawa SSP
2. Kring Pajak (1500200) khusus untuk Wajib Pajak Orang Pribadi
3. *141*500# (SMS ID Billing Telkomsel)
4. https://billing-djp.intxxxxx.pajak.go.id (Aplikasi Layanan Elektronik Mandiri di KPP/KP2KP)
5. https://sse.paxxk.xx.id
6. https://sse2.paxxk.go.id
7. Internet Banking corporate dan personal (BRI), dan Internet Banking corporate (BNI, Mandiri, BCA, dll)
8. Application Service Provider (www.xxxxxx-pajak.com)

Dan dapat melakukan pembayaran atas Kode Billing tersebut melalui:

1. Teller Bank/Pos Persepsi
2. ATM
3. Mini ATM (EDC BNI, BRI, Mandiri, khusus untuk pembayaran pajak yang tersedia di KPP/KP2KP)
4. Internet Banking
5. Mobile Banking

Diharapkan para Wajib Pajak yang terhormat mendapatkan kemudahan dan kelancaran dalam pembayaran pajak. Demikian kami sampaikan.

Dengan membayar pajak, mari kita bangun Indonesia yang lebih mandiri dan berdikari!
Email ini dikirim secara otomatis oleh sistem, mohon untuk tidak dibalas.

Hormat Kami,


Direktur Penyuluhan, Pelayanan,
dan Hubungan Masyarakat



PENTING:

Informasi yang disampaikan melalui e-mail ini hanya diperuntukkan bagi pihak penerima sebagaimana dimaksud pada tujuan e-mail ini saja. E-mail ini dapat berisi informasi atau hal-hal yang secara hukum bersifat rahasia. Segala bentuk kajian, penyampaian kembali, penyebarluasan, penyediaan untuk dapat diakses, dan/atau penggunaan lain atau tindakan sejenis atas informasi ini oleh pihak baik orang maupun badan selain dari pihak yang dimaksud pada tujuan e-mail ini adalah dilarang dan dapat diancam sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Jika karena suatu kesalahan anda menerima informasi ini harap menghubungi Direktorat Jenderal Pajak c.q. Direktorat KITSDA dan segera menghapus e-mail ini beserta setiap salinan dan seluruh lampirannya.

Surat diatas merupakan salah satu contoh surat pemberitahuan untuk memberitahukan tentang sistem pembayaran pajak elektronik MPN-G2 (E-Billing). Berikutnya akan kami berikan contoh lain dari surat pemberitahuan.

Contoh Surat Pemberitahuan IV


Bandung, 17 Desember 2013

No                      : xxxx/xx-xx/xxx/xx/xx/xx
Lampiran         : Jadwal Pelaksanaan UAS Ganjil 2013/2014
Perihal             : Pemberitahuan pelaksanaan UAS Ganjil dan Permintaan Soal & Silabus


Kepada Yth.
Dosen Pembina Mata Kuliah
Program Studi xxxxx
Universitas xxxxx
Di Tempat


Dengan Hormat,

Memperhatikan kalender akademik tahun 2013/2014 Universitas xxxx, maka dengan ini kami sampaikan pemberitahuan kepada Dosen Pembina mata kuliah pada semester ganjil Program Studi (prodi) xxxxx Fakultas xxxx sebagai berikut :
  1. Batas akhir perkuliahan sebelum Ujian Akhir Semester Ganjil tahun akademik 2013/2014 adalah 28 Desember 2013.
  2. Minggu Tenang mulai tanggal 30 Desember 2013 – 4 Januari 2014, bisa digunakan sebagai tambahan kuliah atau kuliah pengganti.
  3. Ujian Akhir Semester dilaksanakan selama dua  minggu, untuk minggu pertama tanggal 6 – 11 Januari 2014 dan minggu kedua 13 – 18 Januari 2014.
  4. Pelaksanan ujian untuk Ruang/Kelas Perkuliahan Ganjil (601, 605, 2507, 2509,  4403, 5103, 5205, 5607), Lab Ganjil (Lab 9) dilaksanakan pada minggu pertama, untuk Ruang/Kelas  Perkuliahan Genap (604, 606, 608, 2508, 4404, 5102, 5204, 5206, 5606, 5608), Lab Genap (Lab 4, Lab 8, Lab 10) dilaksanakan pada minggu kedua.
  5. Untuk UAS minggu kedua hari Selasa tgl 14 Januari 2014, dikarenakan tanggal merah (Libur Maulid Nabi Muhammad, SAW) maka UAS diganti menjadi hari selasa tanggal 21 Januari 2014.
  6. Seluruh dosen pembina matakuliah wajib menyerahkan SILABUS (untuk diserahkan ke direktorat Quality Assurance) dan Soal Ujian, kepada  koordinator Soal ke sekretariat program studi (Ibu xxxx.) paling lambat hari Jumat tanggal 3 Januari 2014, atau dikirimkan lewat email xxxx@yahoo.co.id.
  7. Untuk penggandaan soal dilakukan oleh dosen masing-masing bertempat di fotocopy Universitas xxx kampus 4 lantai 4 atau menyerahkan kwitansi foto copy ke Sekretariat Prodi (Ibu xxxx), apabila penggandaan dilakukan di luar kampus Universitas xxx.
Untuk penggandaan soal mohon dipertimbangkan apakah lebih baik di prodi atau di masing-masing dosen.
  1. Perubahan jadwal ujian mohon dikonfirmasikan, batas akhir konfirmasi hari sabtu tanggal 2 Januari 2014 kepada sekretariat program studi  (Ibu xxxx.)
  2. Ujian susulan dilaksanakan pada 20 – 25 Januari 2014, dengan teknis pelaksanaan diserahkan kepada Dosen pembina mata kuliah yang bersangkutan.
  3. Ujian susulan diberikan kepada mahasiswa yang beralasan sakit, yang dibuktikan dengan surat dokter, Program Studi akan membuatkan surat pengantar  yang akan disampaikan kepada bapak/ibu dosen pembina matakuliah.
  4. Pengawasan dan pelaksanaan ujian menjadi tanggung jawab dosen pembina mata kuliah masing-masing.
  5. Untuk dosen layanan dan dosen luar biasa yang memerlukan softcopy form nilai bisa diambil  di Sekretariat Program Studi xxx  atau bisa melakukan permintaan dengan mengirim email ke: xxxx@yahoo.co.id.
  6. Nilai akhir paling lambat dikumpulkan hari sabtu 1 Februari 2014, diserahkan ke sekretariat prodi SI, (Ibu xxx.) atau dikirimkan lewat email xxxx@yahoo.co.id.
  7. Mahasiswa yang diperbolehkan mengikuti UAS adalah mahasiswa yang terdaftar namanya dalam daftar hadir yang sudah dicetak oleh program studi. Tidak diperkenankan menambah daftar hadir dalam lembar tersebut.
Demikian surat ini Kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.



Mengetahui,
Ketua Prodi xxxx


xxxxx.
NIP. xxx
Hormat Kami,
Ketua Panitia UAS


xxxxx
NIP. xxxx


Tembusan :
  1. Dekan Fakultas xxxxx
  2. Arsip

Informasi lebih lanjut mengenai Ujian Akhir Semester Ganjil TA. 2013/2014 :
Contoh Kop untuk berkas soal :

 UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL TA. 2013/2014

Matakuliah                  : xxxx
Hari/Tanggal               : xxxx
Waktu/Ruang              : xxx/xxx
Kelas/Semester            : xxx/xxx
Dosen Pembina           : xxxxxxx


Demikian info seputar contoh surat pemberitahuan yang dapat kami sampaikan. Apabila pekerjaan anda salah satunya adalah surat menyurat, sebagai bahan tugas sekolah maupun yang sedang cari - cari ide buat menulis surat untuk teman, saudara, atau orangtuanya, artikel ini dapat digunakan sebagai contoh referensi anda. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Selamat mencoba dan semoga sukses.


EmoticonEmoticon